Rp 400 Juta untuk Gedung Pasar Singkut


Bupati Sarolangun Cek Hendra didampingi pejabat terkait meninjau pelaksanaan perbaikan gedung Pasar Singkut. FOTO: Riki Saputra / Jambi Independent

SAROLANGUN – Setelah beberapa tahun lamanya terbengkalai sejak dibangun pada tahun 2014 lalu, gedung Pasar Singkut, Kecamatan Singkut akhirnya akan segera difungsikan. Dana Rp 400 juta disiapkan, untuk melakukan perbaikan bagian gedung yang rusak dan melengkapi fasilitas yang kurang.

Bupati Sarolangun, Cek Endra saat dikonfirmasi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui instansi terkait saat ini tengah melakukan perbaikan. Selain akan difungsikan, penertiban para pedagang yang berjualan disepanjang jalan Pasar Singkut juga akan dilakukan.

“Keinginan masyarakat untuk segera menggunakan gedung Pasar Singkut akan direalisasikan tahun ini. Kita ingin Pasar Singkut tertib dan tidak semrawut. Kita sudah anggarkan Rp 400 juta untuk memperbaiki semua kerusakan yang ada, agar bisa secepatnya difungsikan,” ujarnya Selasa (16/7).

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sarolangun, Kholidi saat dikonfirmasi menyampaikan beberapa alasan terkait belum difungsikannya gedung tersebut. Mulai dari adanya kerusakan, hingga belum lengkapnya fasilitas gedung.

“Sebuah gedung bisa digunakan, tentu harus dilengkapi fasilitasnya. Sekarang sudah kita kerjakan itu. Kita pastikan Agustus mendatang akan difungsikan,” ujarnya, Rabu (17/7).

Dikatakannya, beberapa item yang sedang dalam tahap pengerjaan yakni penyediaan air, kanopi, jaringan listrik, saluran pembuangan limbah, tempat pembuangan sampah dan lainnnya.

“Untuk listrik sudah masuk sekarang. Tiggal yang lainnya sedang kita kerjakan. Total anggaran semuanya sekitar itulah (400 juta, red),” akunya.

Untuk memastikan agar gedung bisa difungsikan sesuai waktu, pihaknya terus mendesak pihak rekanan agar mempercepat proses pengerjaan. Ini mengingat waktu yang tersisa hanya beberapa minggu lagi.

“Tergantung rekanan lagi sekarang. Makanya kita juga turun ke lapangan terus untuk mengecek dan mendesak agar segera diselesaikan,” tuntasnya.

 

Sumber : Jambi Independent