SEKRETARIAT

SEKRETARIS

DINAS KOPERASI, UKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

KABUPATEN SAROLANGUN

  • TUGAS POKOK

Kepala Bidang Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyusun perencanaan program kegiatan dan mengkoordinir serta melaksanakan tugas umum, kepegawaian, perencanaan, keuangan dan asset dilingkungan Dinas Koperasi, UMKM, perindustrian dan perdagangan.

  • FUNGSI

Kepala Sekretariat dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas, Sekretariat menyelenggarakan Fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan koordinasi penyusunan program kerja, pengumpulan dan pengolahan data serta laporan;
  2. Pelaksanaan urusan rumah tangga, protokol dan surat menyurat;
  3. Pelaksanaan pengelolaan urusan umum dan kepegawaian;
  4. Pelaksanaan pengelolaan urusan keuangan dan aset;
  5. Mengkoordinir pelaksanaan tugas bidang-bidang dan fungsional dilingkungan Dinas Koperasi, UMKM, perindustrian dan perdagangan;
  6. Pelaksanaan pengelolaan urusan penyusunan program;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

KASUBBAG KEUANGAN DAN ASET

DINAS KOPERASI, UKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

KABUPATEN SAROLANGUN

  • TUGAS POKOK

Kepala Subbag Keuangan dan asset mempunyai tugas membantu sekretaris dalam mengurus dan mengelola bahan penyusunan rencana anggaran, pendapatan, belanja rutin, pencatatan, pembukuan, verifikasi, pengelolaan administrasi keuangan, penyimpanan asset, perbendaharaan, serta mengevaluasi dan melaporkan kegiatan keuangan dan asset, mengumpulkan, mengkoordinasikan, menyusun, merumuskan, menyelenggarakan dan mengelola data untuk keperluan penyusunan programkerja dinas serta mengevaluasi dan melaporkan kegiatan sebagian keuangan, asset dan program kepada sekretaris.

  • FUNGSI

Kepala Subbag Keuangan dan asset mempunyai fungsi:

  1. Melaksanakan urusan rencana anggaran, belanja rutin, pencatatan urusan keuangan, pembukuan serta pengelolaan administrasi keuangan dan aset;
  2. Menyiapkan dan membuat surat perintah perjalanan dinas (SPPD) dan surat perintah tugas (SPT);
  3. Penyusunan lapaoran pelaksanan anggaran;
  4. Pelaksanaan urusan kas dan gaji;
  5. Penyiapan usulan pengangkatan bendaharawan dan pembuatan daftar gaji;
  6. Memonitoring dan mengawasi pelaksanaan tugas bendaharawan;
  7. Penyiapan bahan pertanggung jawaban keuangan;
  8. Pelakasanan pengadministrasian asset dan menyusun laporan pertanggung jawaban atas barang-barang inventaris;
  9. Pelaksanaan koordinasi pemanfaatan dan penghapusan serta penata usahaan barang milik daerah;
  10. Pembuatan rencana dan program;
  11. Menyusun dan menyiapkan usulan program kerja pengawasan tahunan dan daftar objek;
  12. Pengevaluasian pelaksaan rencana dan program kerja;
  13. Pengumpulan dan pengolahan data laporan dinas dan unit kerja lainnya sebagai bahan penyusunan dan pelaporan program kerja dinas;
  14. Penyiapan renstra, renja, LKPJ, LKJ dan LPPD;
  15. Pengumpulan, pengolahan dan pelaporan pelaksanaan kegiatan rutin, program dan pembangunan dilingkungan dinas;
  16. Penyiapan bahan koordinasi antar bidang dinas maupun dengan instansi terkait;
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

KASUBBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN

DINAS KOPERASI, UKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

KABUPATEN SAROLANGUN

  • TUGAS POKOK

Kepala Subbag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas membantu sekretaris dalam memimpin, mengendalikan dan mengarahkan tugas-tugas pada subbagian umum dan kepegawaian kepada staf urusan perlengkapan, rumah tangga, protokoler, surat menyurat dan kearsipan, kepegawaian, menyelenggarakan administrasi meliputi penyusunan urutan kepangkatan, mengurus kesejahteraan pegawai, mengurus dan menyelenggarakan pendidikan dan latihan, serta mengevaluasi dan melaporkan kegiatan subbagian umum dan kepegawaian kepada sekretaris.

  • FUNGSI

Kepala Subbag Perencanaan, Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. Pengelolaan surat menyurat meliputi arsip dan expedisi, pengadaan dan pendistribusian;
  2. Penyiapan perlengkapan pertemuan/rapat termasuk upacara-upacara;
  3. Pelaksanaan urusan rumah tangga dan protokoler dinas;
  4. Penyusunan dan pengelolaan mutasi, kenaikan pangkat, kenaikann gaji berkala, baik yang bertugas di Dinas maupun UPTD;
  5. Pembuatan rencana kebutuhan pegawai, peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil;
  6. Penyusunan rencana kebutuhan pegawai, pendidikan dan latihan perjenjangan bagi Pegawai Negeri Sipil;
  7. Pengaturan penyiapan absen pegawai baik pagi  maupun siang;
  8. Penyiapan bahan dalam rangka pembinaan disiplin;
  9. Menyusun dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan umum dan kepegawaian;
  10. Pelaksanaan koordinasi dengan seksi lainnya yang terkait;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.